Rabu, 04 Juni 2014

INSTRUMEN SUPERVISI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETESI LULUSAN



INSTRUMEN SUPERVISI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETESI LULUSAN

 FILE WORD DAPAT DIUNDUH DI SINI

Nama Madrasah                      : …………………………
Nama Kepala Madrasah          : …………………………
Alamat Madrasah/Kota           : …………………………

No
Aspek
No
Indikator & Sub Indikator
Skor
0
1
2
3
4
1
Kepemilikan Dokumen KTSP
1
Dokumen KTSP berlaku dg disahkan Kepala Madrasah dengan pertimbangan Komite & diketahui Kasi/Kabid Mapenda





2
KTSP disusun dg mempertahankan acuan operasional yang terdiri atas:
a.   agama
b.   peningkatan iman & taqwa serta akhlak mulia
c.   persatuan nasional & nilai kebangsaan
d.  .............





3
Proses penyusunan Dokumen:
a.   membentuk Tim KTSP disertai uraian tugas masing-masing
b.   ………….





2
Komponen KTSP
4
4.1 Visi, Misi dan Tujuan Satuan pendidikan & Strategi
4.2 Struktur & Muatan Kurikulum
4.3 Kalender Pendidikan
4.4 Penyusunan Pengembagan Silabus
4.5 Ada program penigkatan mutu lulusan






Jumlah skor     : ……………                                      NILAI             : ……………
                                                                                    KRITERIA     : …………….



Keterangan: Skor        86 – 100%       Baik Sekali
                                    71 – 85%         Baik
                                    55 – 70%         Cukup
                                         > 55%         Kurang
                                                                                                            …………………………..
                                                                                                            Pengawas Pembina




INSTRUMEN SUPERVISI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
STANDAR PROSES



Nama Madrasah                      : …………………………
Nama Kepala Madrasah          : …………………………
Alamat Madrasah/Kota           : …………………………

No
Aspek
No
Indikator & Sub Indikator
Skor
0
1
2
3
4
1



Perangkat Pembelajaran
1
Ada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dikembangkan dari silabus oleh setiap guru yang sesuai dengan standar proses





2
Subtansi RPP sekurang-kurangnya memuat tujuan, materi, metode, kegiatan pembelajaran (tatap muka, eksploarsi, elaborasi, konfirmasi), sumber belajar & penilaian hasil belajar (tes, penugasan terstruktur & tugas mandiri tidak terstruktur)





3
………….





2
Proses Pembelajaran
4
Menerapkan 4 persyaratan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, penialian & tindak lanjut





5
Menerapkan kegiatan pendekatan tatap muka, kegiatan terstruktur & kegiatan mandiri tidak terstruktur





6







Jumlah skor     : ……………                                      NILAI             : ……………
                                                                                    KRITERIA     : …………….


Keterangan: Skor        86 – 100%       Baik Sekali
                                    71 – 85%         Baik
                                    55 – 70%         Cukup
                                         > 55%         Kurang
                                                                                                            …………………………..
                                                                                                            Pengawas Pembina








INSTRUMEN SUPERVISI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
STANDAR PENILAIAN



Nama Madrasah                      : …………………………
Nama Kepala Madrasah          : …………………………
Alamat Madrasah/Kota           : …………………………

No
Aspek
No
Indikator & Sub Indikator
Skor
0
1
2
3
4
1



Perangkat Penilaian
1
Ada rancanagan, jadual pelakasanaan apenilaian & remidial





2
Adanya rancangan jadual pelaksanaan penilaian dan program pengayaan





3
………….





2
Pelaksanaan Penialian
4
Penilaian dilakukan sepanjang semester





5
Teknik penilaian seuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa ....





6
.......





3
Hasil Penilaian
7
Peserta didik minimal mencapai batas KKM





8
Rerata nilai UN 3 tahun terakhir minimum 7,00





9
..............






Jumlah skor     : ……………                                      NILAI             : ……………
                                                                                    KRITERIA     : …………….


Keterangan: Skor        86 – 100%       Baik Sekali
                                    71 – 85%         Baik
                                    55 – 70%         Cukup
                                         > 55%         Kurang
                                                                                                            …………………………..
                                                                                                            Pengawas Pembina












SUPERVISI ADMINISTRASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN
(BERDASARKAN STANDAR PROSES)



Nama Madrasah                      : …………………………
Nama Guru                             : …………………………
Pangkat Golongan                  : …………………………
Mata Pelajaran            : ........................................                  Jumlah Jam Tatap Muka:
sertifikasi                                 : .......................................

No
Komponen Administrasi
Pembelajaran
Kondisi
Skor
Keterangan Kesesuaian
Ya
Tidak
1
2
3
4
1
Program tahunan 






4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
2
Program semester






3
Silabus






4
RPP






5
Kalender Pendidikan






6
Jadual tatap Muka






7
Agenda Harian






8
Daftar Nilai






9
KKM






10
Ansensi Siswa














Jumlah skor     : ……………                                      NILAI             : ……………
                                                                                    KRITERIA     : …………….


Keterangan: Skor        86 – 100%       Baik Sekali
                                    71 – 85%         Baik
                                    55 – 70%         Cukup
                                         > 55%         Kurang

Tindak lanjut:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………




                                                                                                            …………………………..
                                                                                                            Pengawas Pembina




SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
(BERDASARKAN STANDAR PROSES)



Nama Madrasah                      : …………………………
Nama Guru                             : …………………………
Pangkat Golongan                  : …………………………
Mata Pelajaran            : ........................................                  Jumlah Jam Tatap Muka:
sertifikasi                                 : .......................................

No
Sub Komponen & Butir Komponen (Tatap Muka)
Kondisi
Skor
Keterangan Kesesuaian
Ya
Tidak
1
2
3
4
1
KEGIATAN PENDAHULUAN






4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
a. Menyiapkan peserta didik






b. Melakukan Apersepsi






c. Menjelaskan KD & Tujuan yang ingin dicapai






d. Menyampaikan cakupan materi & penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar






2
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN






A. Eksplorasi






B. Elaborasi






C. Konfirmsi






3
PENUTUP






JUMLAH SKOR





Jumlah skor     : ……………                                      NILAI             : ……………
                                                                                    KRITERIA     : …………….


Keterangan: Skor        86 – 100%       Baik Sekali
                                    71 – 85%         Baik
                                    55 – 70%         Cukup
                                         > 55%         Kurang

Tindak lanjut:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………..                                                                                          ………………………
Pengawas Pembina                                                                                                     Guru Mata Pelajaran
FORMAT PRA OBSERVASI SUPERVISI KLINIS

Nama Sekolah             :
Nama Guru                 :
NIP                             :
Mata Pelajaran :
Semester/Kelas            :
Tahun Pelajaran           :
Hari/Tanggal               :
Waktu                         :

NO
ASPEK PRS SUPERVISI
CATATAN
1
Masalah

2
Masalah yang dihadapi siswa

3
Kompetensi yang ingin dicapai siswa

4
Materi pokok pembelajaran

5
Tujuan pembelajaran

6
Langkah-langkah pembelajaran

7
Media yang akan digunakan

8
Sistem penilaian yang akan digunakan

9
Tindak lanjut


Kesimpulan:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


                                                                                                            ....................., ........................ 20..........
Guru.                                                                                                   Pengawas .....................



.................................................                                                           .............................................................
NIP/NIY.                                                                                            NIP.   


















FORMAT oBSERVASI SUPERVISI KLINIS

Nama Sekolah             :
Nama Guru                 :
NIP                             :
Mata Pelajaran :
Semester/Kelas            :
Tahun Pelajaran           :
Hari/Tanggal               :
Waktu                         :

dokumen/Alat peraga/Media yang digunakan oleh guru: ..................................................................... ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


NO
ASPEK
Aktivitas
Keterangan
Guru
Siswa
A
Kegiatan Pendahuluan



Mengkondisikan siswa (apersepsi, motivasi, dan/atau yang lainnya)



Menyampaikan SK-KD/indikator/tujuan pembelajaran



B
Kegiatan inti (bagaimana siswa belajar)



C
Kegiatan Penutup



Refleksi



Membuat rangkuman/kesimpulan



Post test



Menentukan tindak lanjut




Kesimpulan:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


                                                                                                            ....................., ........................ 20..........
Mengetahui                                        
Kepala Madrasah ...............                Guru.                                       Pengawas .....................



.................................................           ..................................              ...........................................................
NIP/NIY.                                            NIP/NIY.                                NIP.   









FORMAT POST SUPERVISI KLINIS

Nama Sekolah             :
Nama Guru                 :
NIP                             :
Mata Pelajaran :
Semester/Kelas            :
Tahun Pelajaran           :
Hari/Tanggal               :
Waktu                         :

NO
TEMUAN
REKOMENDASI/BALIKAN
KETERANGAN
1
Persiapan Pembelajaran


2
Pelaksanaan Pembelajaran


a.       Guru
b.      Siswa


3
Lainnya



Kesimpulan:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


                                                                                                            ....................., ........................ 20..........
Guru.                                                                                                   Pengawas .....................



.................................................                                                           .............................................................
NIP/NIY.                                                                                            NIP.   



















SUPERVISI ADMINISTRASI PENILAIAN PEMBELAJARAN
(BERDASARKAN STANDAR PROSES)



Nama Madrasah                      : …………………………
Nama Guru                             : …………………………
Pangkat Golongan                  : …………………………
Mata Pelajaran            : ........................................                  Jumlah Jam Tatap Muka:
sertifikasi                                 : .......................................

No
Komponen Penilaian Pembelajaran
Kondisi
Skor
Keterangan Kesesuaian
Ya
Tidak
1
2
3
4
1
Ada buku Nilai/Daftar Nilai






4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
2
Melaksanakan Tes (kognitif): UH, UTS, UAS






3
Penugasan Terstruktur (PT)






4
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)






5
Melaksanakan penilaian keterampilan (psikomotor)






6
Melaksanakan Penilaian Afektif akhlak Mulia






7
Melaksanakan Penilaian Afektif Kepribadian






8
Program & Pelaksanakan Remedia






9
Analisis Hasil Ulangan






10
Bank Soal/Instrumen Tes






JUMLAH SKOR





Jumlah skor     : ……………                                      NILAI             : ……………
                                                                                    KRITERIA     : …………….


Keterangan: Skor        86 – 100%       Baik Sekali
                                    71 – 85%         Baik
                                    55 – 70%         Cukup
                                         > 55%         Kurang

Tindak lanjut:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

…………………………..                                                                                          ………………………
Pengawas Pembina                                                                                                     Guru Mata Pelajaran

7 komentar: