Selasa, 03 Juni 2014

PERENCANAAN DAN CARA PEMBUATAN TAS LAPTOP MOTIF BATIK TULIS SALEM (BREBES)



ARTIKEL
PERENCANAAN DAN CARA PEMBUATAN
TAS LAPTOP MOTIF BATIK TULIS SALEM (BREBES)


Di susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Ketrampilan Membatik
Dosen Pengampu :    Drs. Tri Saptuti S, M.Pd.


Disusun Oleh:
Syukron Zahidi Arrahmi
K7110567
VII B




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
2013


BATIK SALEM

A.    PENDAHULUAN
Batik Salem atau yang dikenal dengan motif Batik Brebesan adalah salah satu kekayaanasal Kabupaten Brebes, yang telah menjadi komoditas ekonomi warga Desa Bentar dan Bentarsari Kecamatan Salem. Batik Brebesan yang saat ini terus untuk  bersaing merebut pasar nasional maupun internasional banyak dipengaruhi oleh daerah lain.Keberadaan Batik Brebesan muncul sekitar abad ke 19, tepatnya pada tahun 1917 masehi.Menurut sumber yang didapat, keberadaan batik Brebesan atau batik Salem berawal dari kedatangan putri pejabat Pekalongan yang datang ke Salem, Brebes.

Pada saat itu, sang putri  jatuh cinta kepada pemuda Salem yang akhirnya menikah dan menetap di Desa Bentar. Dari kejadian tersebut, akhirnya keberadaan batik mulai muncul di DesaBentar dan akhirnya menyebar ke desa tetangga, seperti Desa Bentarsari dan lainnya. Dari perkembangannya, saatini batik salem telah munculkan berbagai motif, diantaranya motif kopi pecah, manggar danukel dengan ciri khas warna hitam dan putih. Saat ini batik salem telah menembus pasar nasional.
Meski demikian, untuk lebih meningkatkan peminat batik Brebesan dari daerah lain, perlu dilakukan inovasi dalam halmotif batik, antar lain motif cicak dan buaya yang cocok diterapkan pada patik Brebesan. Ini mengacu kepada aspek budaya sekaligus sebagai bentuk pengembangan aspek seni batik. Batik Salem kini kaya akan motif diantaranya motif kopi pecah, mangga, merak, ukel kangkung, sinar rantai dan lain sebagainya.
Harganya pun kini bervariasi ada yang harga kualitas mahal, ada pula harga kualitas murah. Kini satu lagi motif dari batik salem yang menggambarkan produk unggulan kota Brebes, dalam satu helai kain bergambar bebek dan juga bawang merah, gambar bebek menunjukan penghasil telur asin, gambar bawang merah,karena merupakan salah satu produk unggulan daerah brebes.Motif tersebut sengaja diciptakan oleh seorang perajin batik salem dari desa bentarsalem.dengan maksud memberi sumbangsih kepada daerah Brebes. Sementara pemakai motif ini adalah PNS di berbagai instansi di wilayah Brebes
File Lengkap unduh di link berikut  DISINI 

0 komentar:

Posting Komentar