Senin, 09 Juni 2014

MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN



MODEL PEMBELAJARAN

I.       PENGERTIAN MODEL PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran. Model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas dari pada strategi, metode atau prosedur pembelajaran. Istilah model pembelajaran mempunyai 4 ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode pembelajaran :

1.      Rasional teoritis yang logis yang disusun oleh pendidik.
2.      Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3.      Langkah-langkah  mengajar yang duperlukan agar model pembelajaran dapat dilaksanakan secara optimal.
4.      Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.
jika digambarkan dalam diagram venn.

II.    MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN
1.   Examples Non Examples
Persiapkan gambar, diagram, atau tabel sesuai materi bahan ajar dan kompetensi, sajikan gambar ditempel atau pakai OHP, dengan petunjuk guru siswa mencermati sajian, diskusi kelompok tentang sajian gambar tadi, presentasi hasil kelompok, bimbingan penyimpulan, valuasi dan refleksi. Examples Non Examples adalah metode belajar yang menggunakan contoh-contoh. Contoh-contoh dapat dari kasus / gambar yang relevan dengan KD
Langkah-langkah:
a. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP.
c. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk   memperhati¬kan/menganalisa gambar.
     d. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
e. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
     f. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
g. Kesimpulan

2.   Numbered Heads Together
NHT  adalah salah satu tipe dari pembelajaran koperatif dengan sintaks: pengarahan, buat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki nomor tertentu, berikan persoalan materi bahan ajar (untuk tiap kelompok sama tapi untuk tiap siswa tidak sama sesuai dengan nomor siswa, tiasp siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama) kemudian bekerja kelompok, presentasi kelompok dengan nomnor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan beri reward.
Langkah-langkah:
a.  Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
b.  Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
c.  Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
d. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkanhasil kerjasama mereka.
e.  Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
fKesimpulan.

3.   Cooperative Script
Metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari (Danserau cs., 1985).
Langkah-langkah:
a.   Guru membagi siswa untuk berpasangan.
b.   Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
      c.   Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.
      d.   Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Sementara pendengar:
          •  Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
             •  Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya.
      e.  Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
f.   Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru.
g.   Penutup.

4.   Kepala Bernomor Struktur
Modifikasi dari Number Heads
Langkah-langkah:
a.  Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
b.   Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai. Misalnya: siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
c.   Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka.
d.   Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain.
e.   Kesimpulan.
5.   Student Teams Achievement – Divisions (STAD)
STAD adalah salah sati model pembelajaran koperatif dengan sintaks: pengarahan, buat kelompok heterogen (4-5 orang), diskusikan bahan belajar-LKS-modul secara kolabratif, sajian-presentasi kelompok sehingga terjadi diskusi kelas, kuis individual dan buat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok, umumkan rekor tim dan individual dan berikan reward.
Kooperatif Tim Siswa Kelompok Prestasi (Slavin, 1995)
Langkah-langkah:
a.   Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll).
b.   Guru menyajikan pelajaran.
c.   Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada  anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
d.   Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
e.   Memberi evaluasi.
f.   Kesimpulan 

6.   Jigsaw
Model pembeajaran ini termasuk pembelajaran koperatif dengan sintaks seperti berikut ini. Pengarahan, informasi bahan ajar, buat kelompok heterogen, berikan bahan ajar (LKS) yang terdiri dari beberapa bagian sesuai dengan banyak siswa dalam kelompok, tiap anggota kelompok bertugas membahasa bagian tertentu, tuiap kelompok bahan belajar sama, buat kelompok ahli sesuai bagian bahan ajar yang sama sehingga terjadi kerja sama dan diskusi, kembali ke kelompok aasal, pelaksnaa tutorial pada kelompok asal oleh anggotan kelompok ahli, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.
Kooperatif Model Tim Ahli (Aronson, Blaney, Stephen, Sikes, And Snapp, 1978)

Langkah-langkah:
a.   Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim.
b.   Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda.
c.   Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan.
d.   Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
e.   Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
f.   Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
g.   Guru memberi evaluasi.
h.   Penutup.

7.   Problem Based Indtroduction (PBI)
Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Kehidupan adalah identik dengan menghadapi masalah. Model pembelajaran ini melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang berorientasi pada masalah otentik dari kehidupan aktual siswa, untuk merangsang kemamuan berpikir tingkat tinggi.  Kondisi yang tetap hatrus dipelihara adalah suasana kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis, suasana nyaman dan menyenangkan agar siswa dap[at berpikir optimal. Indikator model pembelajaran ini adalah metakognitif, elaborasi (analisis), interpretasi, induksi, identifikasi, investigasi, eksplorasi, konjektur, sintesis, generalisasi, dan inkuiri.
Langkah-Langkah:
a.   Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
b.   Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
c.   Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
d.   Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
e.   Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.

8.   Artikulasi
Artikulasi adalah mode pembelajaran dengan sintaks: penyampaian konpetensi, sajian materi, bentuk kelompok berpasangan sebangku, salah satu siswa menyampaikan materi yang baru diterima kepada pasangannya kemudian bergantian, presentasi di depan hasil diskusinya, guru membimbing siswa untuk menyimpulkan.
Langkah-langkah:
a.   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
b.   Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
c.   Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang.
d.   Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
e.   Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
f.   Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa.
g.   Kesimpulan/penutup.

9.   Mind Mapping
Pembelajaran ini sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Sintaknya adalah: informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatiu jawababn, presentasi hasuil diskusi kelompok, siswa membuat ksimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi dan refleksi.
Langkah-langkah:
a.   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
b.   Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban.
c.   Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang.
d.   Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
e.   Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
f.   Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru.

10.              Make a Match
Mencari Pasangan (Lorna Curran, 1994)
Guru menyiapkan kartu yang berisi persoalan-permasalahan dan kartu yang berisi jawabannya,  setiap siswa mencari dan mendapatkan sebuah kartu soal dan berusaha menjawabnya, setiap siswa mencari kartu jawaban yang cocok dengan persoalannya siswa yang benar mendapat nilai-reward, kartu dikumpul lagi dan dikocok, untuk badak berikutnya pembelaarn seperti babak pertama, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.

Langkah-langkah:
1.   Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2.   Setiap siswa mendapat satu buah kartu.
3.   Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang.
4.   Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban).
5.   Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin.
6.   Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7.   Demikian seterusnya.
8.   Kesimpulan/penutup.

11.              Think Pair and Share (Frank Lyman, 1985)
Model pembelajaran ini tergolong tipe koperatif dengan sintaks: Guru menyajikan materi klasikal, berikan persoalan  kepada siswa dan siswa bekerja kelompok dengan cara berpasangan sebangku-sebangku (think-pairs), presentasi kelompok (share), kuis individual, buat  skor perkembangan tiap siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.
Langkah-langkah:
1.   Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
2.   Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru.
3.   Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing.
4.   Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
5.   Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa.
6.   Guru memberi kesimpulan.
7.   Penutup.

12.              Debate
Debat adalah model pembalajaran dengan sisntaks: siswa menjadi 2 kelompok kemudian duduk berhadapan, siswa membaca materi bahan ajar untuk dicermati oleh masing-masing kelompok, sajian presentasi hasil bacaan oleh perwakilan salah satu kelompok kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya begitu setrusnya secara bergantian, guru membimbing membuat kesimpulan dan menambahkannya biola perlu.
Langkah-langkah:
1.   Guru membagi dua kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra.
2.   Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas.
3.   Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4.   Sementara siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
5.   Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
6.   Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

13.              Role Playing
Sintak dari model pembelajaran ini adalah:  guru menyiapkan scenario pembelajaran,  menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari scenario tersebut,  pembentukan kelompok siswa, penyampaian kompetensi, menunjuk siswa untuk melakonkan scenario yang telah dipelajarinya, kelompok siswa membahas peran yang dilakukan oleh pelakon, presentasi hasil kelompok, bimbingan penimpoulan dan refleksi.
Langkah-langkah:
1.   Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan.
2.   Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM.
3.   Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang.
4.   Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai.
5.   Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan.
6.   Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan.
7.   Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
8.   Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya.
9.   Guru memberikan kesimpulan secara umum.
10.   Evaluasi.
11.   Penutup.

14.              Group Investigation (Sharan, 1992)
Model koperatif tipe GI dengan sintaks: Pengarahan, buat kelompok heterogen dengan orientasi tugas, rencanakan pelaksanaan investigasi, tiap kelompok menginvestigasi proyek tertentu (bisa di luar kelas, misal mengukur tinggi pohon, mendata banyak dan jenis kendaraan di dalam sekolah, jenis dagangan dan keuntungan di kantin sekolah, banyak guru dan staf sekolah), pengoalahn data penyajian data hasi investigasi, presentasi, kuis individual, buat skor perkem\angan siswa, umumkan hasil kuis dan berikan reward.
Langkah-langkah:
1.   Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
2.   Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok.
3.   Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
4.   Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secarakooperatif  yang bersifat penemuan.
5.   Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
6.   Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
7.   Evaluasi
8.   Penutup.

15.              Talking Stick
Sintak pembelajaran ini adalah: guru menyiapkan tongkat, sajian materi pokok, siswa mebaca materi lengkap pada wacana, guru mengambil tongkat dan memberikan tongkat kepada siswa dan siswa yang kebagian tongkat menjawab pertanyaan dari guru, tongkat diberikan kepad siswa lain dan guru memberikan petanyaan lagi dan seterusnya, guru membimbing kesimpulan-refleksi-evaluasi.
Langkah-langkah:
1.   Guru menyiapkan sebuah tongkat.
2.   Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi.
3.   Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
4.   Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
5.   Guru memberikan kesimpulan.
6.   Evaluasi.
7.   Penutup.
16.              Bertukar Pasangan
Langkah-langkah:
1.   Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa memilih sendiri pasangannya).
2.   Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
3.   Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
4.   Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
5.   Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.

17.              Snowball Throwing
Sintaknya adalah: Informasi materi secara umum, membentuk kelompok,  pemanggilan ketua dan diberi tugas  membahas materi tertentu di kelompok, bekerja kelompok, tiap kelompok menuliskan pertanyaan dan diberikan kepada kelompok lain, kelompok lain menjawab secara bergantian, penyuimpulan, refleksi dan evaluasi
Langkah-langkah:
1.   Guru menyampaikan materi yang akan disajikan.
2.   Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi.
3.   Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4.   Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
5.   Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit.
6.   Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
7.   Evaluasi.
8.   Penutup   

18.              Student Facilitator and Explaining
Langkah-langkahnya adalah: informasi kompetensi, sajian materi, siswa mengembangkannya dan menjelaskan lagi ke siswa lainnya, kesimpulan dan evaluasi, refleksi.
Siswa mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya
Langkah-langkah:
1.   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.   Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi.
3.   Memberikan kesempatan siswa untuk menjelaskan kepada siswa lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
4.   Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
5.   Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6.   Penutup.

19.              Course Review Horay
Langkah-langkahnya: informasi kompetensi, sajian materi, tanya jawab untuk pemantapan, siswa atau kelompok menuliskan nomor sembarang dan dimasukkan ke dalam kotak, guru membacakan soal yang nomornya dipilih acak, siswa  yang punya nomor sama dengan nomor soal yang dibacakan guru berhak menjawab jika jawaban benar diberi skor dan siswa menyambutnya dengan yel hore atau yang lainnya, pemberian reward, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.
Langkah-langkah
1.   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.   Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi.
3.   Memberikan kesempatan siswa tanya jawab.
4.   Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa.
5.   Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x).
6.   Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya.
7.   Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh.
8.   Penutup.

20.              Demonstration
Pembelajaran ini khusu untuk materi yang memerlukan peragaan media atau eksperimen.  Langkahnya adalah: informasi kompetensi, sajian gambaran umum materi bahan ajar, membagi tugas pembahasan materi untuk tiap kelompok, menunjuk siswa atau kelompok untuk mendemonstrasikan bagiannya, dikusi kelas, penyimpulan dan evaluasi, refleksi.
Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan.
Langkah-langkah
1.   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.   Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
3.   Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan.
4.   Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
5.   Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.
6.   Tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan.
7.   Guru membuat kesimpulan.  


21.              Mind Mapping
Pembelajaran ini sangat cocok untuk mereview pengetahuan awal siswa. Sintaknya adalah: informasi kompetensi, sajian permasalahan terbuka, siswa berkelompok untuk menanggapi dan membuat berbagai alternatiu jawababn, presentasi hasuil diskusi kelompok, siswa membuat ksimpulan dari hasil setiap kelompok, evaluasi dan refleksi.
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah:
1.   Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.   Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban.
3.   Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang.
4.   Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
5.   Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
.
6.   Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru.

22.              Picture and Picture
Sajian informasi kompetensi,  sajian materi, perlihatkan gambar kegiatan berkaitan dengan materi, siswa (wakil) mengurutkan gambar sehingga sistematik, guru mengkonfirmasi urutan gambar tersebut, guru menanamkan konsep sesuai materi bahan ajar, penyimpulan, evaluasi dan refleksi.

Langkah-langkah :
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
1.      Menyajikan materi sebagai pengantar
2.      Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
3.      Guru menunjuk/memanggil peserta didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
4.      Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
5.      Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
6.      Kesimpulan/rangkuman

23.              EXPLICIT INSTRUCTION
Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan cara belajar peserta didik tentang pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan  dengan pola selangkah demi selangkah
Langkah-langkah :
1.      Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan peserta didik
2.      Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
3.      Membimbing pelatihan
4.      Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan

24.              COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
Terjemahan bebas dari CIRC adalah komposisi terpadu membaca dan menulis secara koperatif – kelompok. Sintaksnya adalah: membentuk kelompok heterogen 4 orang,  guru memberikan wacana  bahan bacaan sesuai dengan materi bahan ajar, siswa bekerja sama (membaca bergantian, menemukan kata kunci, memberikan tanggapan) terhadap wacana kemudian menuliskan hasil kolaboratifnya, presentasi hasil kelompok, refleksi.
Langkah-langkah :
1.      Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen
2.      Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
3.      Peserta didik bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada selembar kertas
4.      Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
5.      Guru membuat kesimpulan bersama
6.      Penutup
25.              INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)
IOC adalah mode pembelajaran dengan sistim lingkaran kecil dan lingkaran besar (Spencer Kagan, 1993) di mana siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan  yang berbeda  dengan ssingkat dan teratur. Sintaksnya adalah:  Separu dari sjumlah siswa membentuk lingkaran kecil menghadap keluar, separuhnya lagi membentuk lingkaran besar menghadap ke dalam,  siswa yang berhadapan berbagi informasi secara bersamaan, siswa yang berada di lingkran luar berputar keudian berbagi informasi kepada teman (baru) di depannya, dan seterusnya
Langkah-langkah :
1.      Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar
2.      Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam
3.      Dua orang peserta didik yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
4.      Kemudian peserta didik yang berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara peserta didik yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.
5.      Sekarang giliran peserta didik yang berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
26.              Tebak Kata
Langkah-langkah :
1.      Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai atau materi ± 45 menit.
2.      Guru menyuruh peserta didik berdiri berpasangan di depan kelas
4.      Seorang peserta didik diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang peserta didik yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5 x 2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga. Peserta didik yang membawa kartu 10 x 10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10 x 10 cm. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan tsb.
5.      Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan, peserta didik boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
6.      Dan seterusnya

27.              Tari Bambu
Model  pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda secara teratur. Strategi ini cocok untuk bahan ajar yang memerlukan pertukaran pengalaman dan pengetahuan antar siswa. Sintaksnya adalah: Sebagian siswa berdiri berjajar di depoan kelas atau di sela bangku-meja dan sebagian siswa lainnya berdiri berhadapan dengan kelompok siswa opertama, siswa yang berhadapan berbagi pengalkaman dan pengetahuan, siswa yang berdiri di ujung salah satui jajaran pindah ke ujunug lainnya pada jajarannya, dan kembali berbagai informasi.
28. Koperatif (CL, Cooperative Learning)
Pembelajaran koperatif sesuai dengan fitrah manusis sebagai makhluk sosial yang penuh ketergantungan dengan orang lain, mempunyai tujuan dan tanggung jawab bersama, pembagian tugas, dan rasa senasib. Dengan memanfaatkan kenyatan itu, belajar berkelompok secara koperatif, siswa dilatih dan dibiasakan untuk saling berbagi (sharing) pengetahuan, pengalaman, tugas, tanggung jawab. Saling membantu dan berlatih beinteraksi-komunikasi-sosialisasi karena koperatif adalah miniature dari hidup bermasyarakat, dan belajar menyadari kekurangan dan kelebihan masing-masing.Jadi model pembelajaran koperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksi konsep,  menyelesaikan persoalan, atau inkuiri. Menurut teori dan pengalaman agar kelompok kohesif (kompak-partisipatif), tiap anggota kelompok terdiri dari 4 – 5 orang, siswa heterogen (kemampuan, gender, karekter), ada control dan fasilitasi, dan meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.Sintaks pembelajaran koperatif adalah informasi, pengarahan-strategi, membentuk kelompok heterogen, kerja kelompok, presentasi hasil kelompok, dan pelaporan.

29. Kontekstual (CTL, Contextual Teaching and Learning)
Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang dimulai dengan sajian atau tanya jawab lisan (ramah, terbuka, negosiasi) yang terkait dengan dunia nyata kehidupan siswa (daily life modeling), sehingga akan terasa manfaat dari materi yang akan disajkan, motivasi belajar muncul, dunia pikiran siswa menjadi konkret, dan suasana menjadi kondusif - nyaman dan menyenangkan. Pensip pembelajaran kontekstual adalah aktivitas siswa, siswa melakukan dan mengalami, tidak hanya menonton dan mencatat, dan pengembangan kemampuan sosialisasi. Ada tujuh indokator pembelajarn kontekstual sehingga bisa dibedakan dengan model lainnya, yaitu modeling (pemusatan perhatian, motivasi, penyampaian kompetensi-tujuan, pengarahan-petunjuk, rambu-rambu, contoh), questioning (eksplorasi, membimbing, menuntun, mengarahkan, mengembangkan, evaluasi, inkuiri, generalisasi), learning community (seluruh siswa partisipatif dalam belajar kelompok atau individual, minds-on, hands-on, mencoba, mengerjakan), inquiry (identifikasi, investigasi, hipotesis, konjektur, generalisasi, menemukan), constructivism (membangun pemahaman sendiri, mengkonstruksi konsep-aturan, analisis-sintesis), reflection (reviu, rangkuman, tindak lanjut), authentic assessment (penilaian selama proses dan sesudah pembelajaran, penilaian terhadap setiap aktvitas-usaha siswa, penilaian portofolio, penilaian seobjektif-objektifnya darei berbagai aspek dengan berbagai cara).
30. Realistik (RME, Realistic Mathematics Education)
Realistic Mathematics Education (RME) dikembangkan oleh Freud di Belanda dengan pola guided reinventiondalam mengkontruksi konsep-aturan melalui process of mathematization, yaitu matematika horizontal (tools, fakta, konsep, prinsip, algoritma, aturan uantuk digunakan dalam menyelesaikan persoalan, proses dunia empirik) dan vertikal (reoorganisasi matematik melalui proses dalam dunia rasio, pengemabngan mateastika).Prinsip RME adalah aktivitas (doing) konstruksivis, realitas (kebermaknaan proses-aplikasi), pemahaman (menemukan-informal daam konteks melalui refleksi, informal ke formal), inter-twinment (keterkaitan-intekoneksi antar konsep), interaksi (pembelajaran sebagai aktivitas sosial, sharing), dan bimbingan (dari guru dalam penemuan).
31.  SAVI
Pembelajaran SAVI adalah pembelajaran yang menekankan bahwa belajar haruslah memanfaatkan semua alat indar yang dimiliki siswa. Istilah SAVI sendiri adalah kependekan dari: Somatic  yang bermakna gerakan tubuh (hands-on, aktivitas fisik) di mana belajar dengan mengalami dan melakukan; Auditory yang bermakna bahwa belajar haruslah dengan melaluui mendengarkan, menyimak, berbicara, presentasi, argumentasi, mengemukakan penndepat, dan mennaggapi; Visualization yang bermakna belajar haruslah menggunakan indra mata melallui mengamati, menggambar, mendemonstrasikan, membaca, menggunbakan media dan alat peraga; dan Intellectualy yang bermakna bahawa belajar haruslah menggunakan kemampuan berpikir (minds-on) nbelajar haruslah dengan konsentrasi pikiran dan berlatih menggunakannya melalui bernalar, menyelidiki, mengidentifikasi, menemukan, mencipta, mengkonstruksi, memecahkan masalah, dan menerapkan.
32.  TGT (Teams Games Tournament)
Penerapan model ini dengan cara mengelompokkan siswa heterogen, tugas tiap kelompok bisa sama bis aberbeda. SDetelah memperoleh tugas, setiap kelompok bekerja sama dalam bentuk kerja individual dan diskusi. Usahakan dinamikia kelompok kohesif dan kompak serta tumbuh rasa kompetisi antar kelompok, suasana diskuisi nyaman dan menyenangkan sepeti dalam kondisi permainan (games) yaitu dengan cara guru bersikap terbuka, ramah , lembut, santun, dan ada sajian bodoran. Setelah selesai kerja kelompok  sajikan hasil kelompok sehuingga terjadi diskusi kelas. Jika waktunya memungkinkan TGT bisa dilaksanakan dalam beberapa pertemuan, atau dalam rangka mengisi waktu sesudah UAS menjelang pembagian raport. Sintaknya adalah sebagai berikut:
a. Buat kelompok siswa heterogen 4 orang kemudian berikan informasi pokok materi dan \mekanisme kegiatan
b.  Siapkan meja turnamen secukupnya, missal 10 meja dan untuk tiap meja ditempati 4 siswa yang berkemampuan setara, meja I diisi oleh siswa dengan level tertinggi dari tiap kelompok dan seterusnya sampai meja ke-X ditepati oleh siswa yang levelnya paling rendah. Penentuan tiap siswa yang duduk pada meja tertentu adalah hasil kesewpakatan kelompok.
c. Selanjutnya adalah opelaksanaan turnamen, setiap siswa mengambil kartu soal yang telah disediakan pada tiap meja dan mengerjakannya untuk jangka waktu terttentu (misal 3 menit). Siswa bisda nmngerjakan lebbih dari satu soal dan hasilnya diperiksa  dan dinilai, sehingga diperoleh skor turnamen untuk tiap individu dan sekaligus skor kelompok asal. Siswa pada tiap meja tunamen sesua dengan skor yang dip[erolehnay diberikan sebutan (gelar)  superior, very good, good, medium.
d.  Bumping, pada turnamen kedua ( begitu juga untuk turnamen ketiga-keempat dst.), dilakukan pergeseran tempat duduk pada meja turnamen sesuai dengan sebutan gelar tadi, siswa superior dalam kelompok meja turnamen yang sama, begitu pula untuk meja turnamen yang lainnya diisi oleh siswa dengan gelar yang sama.
e. Setelah selesai hitunglah skor untuk tiap kelompok asal dan skor individual, berikan penghargaan kelompok dan individual.
33. WORD SQUARE
Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
  2. Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
  3. Peserta didik menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
  4. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak

34. SCRAMBLE
Sintaknya adalah: buatlah kartu soal sesuai marteri bahan ajar, buat kartu jawaban dengan diacak nomornya, sajikan materi, membagikan kartu soal pada kelompok dan kartu jawaban, siswa berkelompok mengerjakan soal dan mencari kartu soal untuk jawaban yang cocok.
MEDIA :
  1. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Buat jawaban yang diacak hurufnya
Langkah-langkah :
  1. Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai
  2. Membagikan lembar kerja sesuai contoh



35. Take and Give
Model pembelajaran menerima dan memberi adalah dengan sintaks, siapkan kartu dengan yang berisi nama siswa - bahan belajar - dan nama yang diberi, informasikan kompetensi, sajian materi, pada tahap pemantapan tiap siswa disuruh berdiri dan mencari teman dan saling informasi tentang materi atau pendalaman-perluasannya kepada siswa lain kemudian mencatatnya pada kartu, dan seterusnya dengan siswa lain secara bergantian, evaluasi dan refleksi
Langkah-langkah :
  1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya
  2. Jelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai
  3. Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap peserta didik diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
  4. Semua peserta didik disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling memberi informasi. Tiap peserta didik harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh.
  5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
  6. Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan peserta didik pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
  7. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
  8. Kesimpulan

36. Concept Sentence
            Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
  • Guru menyajikan materi secukupnya.
  • Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
  • Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.
  • Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
  • Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh Guru.
  • Kesimpulan.

37. Complete Sentence
Langkah-langkah :
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru menyampaikan materi secukupnya atau peserta didik disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya
  3. Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
  4. Guru membagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).
  5. Peserta didik berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
  6. Peserta didik berdiskusi secara berkelompok
  7. Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki. Tiap peserta didik membaca sampai mengerti atau hapal
  8. Kesimpulan

38. Time Token
Model ini digunakan (Arebds, 1998) untuk melatih dan mengembangkan ketrampilan sosial agar siswa tidak mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali. Langkahnya adalah  kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi, tiap siswa diberi kupon bahan pembicaraan (1 menit), siswa berbicara (pidato-tidak membaca) berdasarkan bahan pada kupon, setelah selesai kupon dikembalikan
Langkah-langkah :
  1. Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
  2. Tiap peserta didik diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap  peserta didik diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
  3. Bila telah selesai bicara kupon yang dipegang peserta didik diserahkan. Setiap bebicara satu kupon.
  4. Peserta didik yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
  5. Dan seterusnya

39. Keliling Kelompok
Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat
kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan
mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya
Caranya
1.         Salah satu peserta didik dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
2.         Peserta didik berikutnya juga ikut memberikan kontribusi-nya
3.         Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan

40. DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY)
Caranya :
  1. Peserta didik bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang
  2. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain
  3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
  4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
  5. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka

SUMBER:

220 komentar:

  1. ijin save ya gan, makasi banyak

    BalasHapus
  2. bermanfaat sekali dan mungkin perlu dikembangkan, sedikit referensi mungkin dapat membantu http://www.pakarilmu.com/2016/08/pengertian-dan-jenis-model-pembelajaran.html

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Thank's berat ...... izin share Bapak!

    BalasHapus
  5. IJIN PROMOSI, BLOG, dinamisenak.blogspot.com

    BalasHapus
  6. ijin kak save :) terimakasih tulisan nya , sangat memberkati :)

    BalasHapus
  7. Ijin save kak,, saangaaat membantu tambah kreativitas mengajar

    BalasHapus
  8. Terima kasih ingonya. Sngat membantu.

    BalasHapus
  9. info menarik buat kami. jika ingin tulisan Anda dipublikasi secara ilmiah bisa kunjungi buletin.jagaddhita.org

    BalasHapus
  10. Sangat membantu sekali, terimakasih banyak

    BalasHapus
  11. Izin save kak. Sangat membantu tulisannya. Terimakasih kk

    BalasHapus
  12. izin save kak.
    Sangat membantu sekali, terimakasih banyak

    BalasHapus
  13. Makasih banget ayas info nya...sangat-sangat membantu sekali

    BalasHapus
  14. Ayo Raih Kesempatan Mendapatkan Uang Ratusan Juta Rupiah... Bandar Sabung Ayam Online Terbesar dan Terpercaya di indonesia, Kunjungi Website Kami Di Disini dan Dapatkan Juga Promo Bonus Natal dan Tahun Baru untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda.
    Hubungi kami di WA: +62-812-2222-995 & Telegram : @bolavitacc

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Great Article With Excellent Tips
    Thanks For Sharing.....
    Point to point is not just a mean of giving information, but our aim is also to play our social role related Latest Punjabi News,Latest Punjab News,Jobs In Punjab,Latest Hindi News,Technology News,Career In Punjab,Latest Politics News,Punjab Politics
    Latest Punjabi News
    Latest Punjab News
    Jobs In Punjab

    BalasHapus
  17. Situs Agen Judi Online Terbaik dan Terlengkap di Indonesia http://www.mitosbetting.co/

    BalasHapus
  18. AvatarQQ | Poker Online | Agen Domino99 | Bandar AduQ | Poker Luck | Omaha Poker | BandarQ | Agen PaiQiu

    NEW UPDATE !!!!

    - AVATARQQ MENERIMA DEPOSIT VIA BANK ONLINE

    - AVATARQQ MENERIMA DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL DAN XL

    - BONUS DEPOSIT NEW MEMBER / MEMBER BARU 20%

    - BONUS NEXT DEPOSIT / SETIAP DEPOSIT 10%

    - BONUS REFERRAL / MEMBER GET MEMBER 20%

    - BONUS CASHBACK MINGGUAN 0.5%

    - BERPENGHASILAN SAMPINGAN BELASAN HINGGA PULUHAN JUTA, CARANYA? KLIK DISINI

    - MAINKAN DAN MENANGKAN HADIAH TOTAL RATUSAN JUTA, TANPA DI UNDI SETIAP BULANNYA

    DAFTARKAN DIRI ANDA SEGERA : DAFTAR AVATARQQ
    PUSAT BANTUAN AVATARQQ : KLIK DISINI
    PUSAT ARTIKEL POKER ONLINE : KLIK DISINI

    Facebook : AVATARKIUKIU

    Telp / WA : +855886476590

    Livechat : AVATARQQ

    BalasHapus

  19. I’m much pleased with your good work. you have good knowledge for article writing and this article is amazing. I am waiting for your next article…. Thank you so much!
    You can watch Xvideo at for 18xxx

    BalasHapus
  20. Thank you very much for seeing 소액결제 information.
    Thank you very much for seeing 현금화 information.
    Thank you very much for seeing 소액 information.
    Thank you very much for seeing 정보이용료 information.
    Thank you very much for seeing 애드워즈 information.
    Thank you very much for seeing 애드워즈대행 information.
    Thank you very much for seeing 백링크 information.
    Thank you very much for seeing 구글상단작업 information.

    BalasHapus
  21. thank you so much for sharing this post I am glad to be here and read this post
    movierulz proxy
    thoptv apk

    BalasHapus
  22. This content was really helpful. The way you arranged every detail you gave was super cool.
    “Find daily opportunities to apply what you have jobs plus” Only this made my year.
    Thanks for sharing! you can also apply online recruitment
    jobs
    Recruitment
    Job Past Qustions
    Contact Us


    BalasHapus
  23. service. Actually with your minor problems that occur infrequently, the free Disney Plus accounts instant streaming service and the Disney Plus app with the iPad

    BalasHapus
  24. MEJAQQ: AGEN JUDI POKER DOMINOQQ BANDARQ ONLINE TERBESAR DI ASIA
    Yang Merupakan Agen Judi Poker DominoQQ BandarQ Online Terbesar di Asia Hadir Untuk Anda Semua Dengan Winrate Permainan Tertinggi dan Bonus Yang Menarik!

    Kunjungi Sekarang Juga...
    Mejaqq
    Bandarq online



    MEJAQQ: AGEN JUDI POKER DOMINOQQ BANDARQ ONLINE TERBESAR DI ASIA Yang Merupakan Agen Judi Poker DominoQQ BandarQ Online Terbesar di Asia Hadir Untuk Anda Semua Dengan Winrate Permainan Tertinggi dan Bonus Yang Menarik!


    http://202.95.10.204/
    litayin94@gmail.com


    Very good article
    Visit to
    MEJAQQ: AGEN JUDI POKER DOMINOQQ BANDARQ ONLINE TERBESAR DI ASIA
    Mejaqq
    Bandarq online

    BalasHapus
  25. Thanks for the post. Best crypto project to follow if you like bitcoin.
    If you like travel follow our dating travel reddit and meet new people.
    If you like pins check out our travel pins and visit the world.
    Our travel feed will get you excited!
    The best steemit for travel is travel master.

    BalasHapus
  26. After looking over a number of the articles on your web site, I seriously appreciate your technique of writing a blog. I book-marked it to my bookmark site list and will be checking back soon. Take a look at my web site as well and tell me what you think.
    slot online joker indonesia
    JokerVIP
    Joker Slot
    Tembak Ikan

    BalasHapus
  27. Nice article
    Dont forget to visit my blog
    Sahabatpoker

    BalasHapus
  28. Jika anda hobi touring atau hobi mengkoleksi kendaraan bermotor, anda dapat mengujungi blog saya yang membahas tentang GPS Tracker
    untuk keamanan kendaraan bermotor :)
    GPS Tracker

    BalasHapus
  29. You’re so cool! I do not believe I’ve read anything like that before. So great to discover somebody with some original thoughts on this subject matter. Seriously.. many thanks for starting this up. This web site is one thing that’s needed on the web, someone with some originality!
    joker123 deposit pulsa
    main slot deposit pulsa
    JokerVIP
    slot online joker indonesia

    BalasHapus
  30. "udaipur bazar satta, rajasthan gold satta, noida bazar satta, satta king bazar gujarat satta desawar satta rajasthan gold satta dhanluxmi bazar satta up bazar satta faridabad satta shree ganesh satta bazat satta king udaiput bazar satta gahaziabad satta hosangabad satta super panjab satta agra specia satta gali satta naoida

    BalasHapus
  31. CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

    Yuk Buruan ikutan bermain di website CrownQQ

    Sekarang CROWNQQ Memiliki Game terbaru Dan Ternama loh...

    9 permainan :
    => Poker
    => Bandar Poker
    => Domino99
    => BandarQ
    => AduQ
    => Sakong
    => Capsa Susun
    => Bandar 66
    => Perang Baccarat (NEW GAME)

    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik
    => 1 User ID 9 Permainan Menarik

    Ayo gabung sekarang juga hanya dengan
    mengklick daftar crownqq

    Link Resmi CrownQQ:
    RATUAJAIB.COM
    RATUAJAIB.NET


    DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL | XL 24 JAM

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI:
    Info

    CrownQQ

    Cerita

    Dewasa

    Berita Unik
    Agen BandarQ | Domino99 Online Terbesar
    Berita dan Info Dunia
    Entertainment

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    WHATSAPP : +6287771354805
    WHATSAPP2: +855886381279
    LINE : CS_CROWNQQ
    TELEGRAM : +855882357563

    BalasHapus
  32. After looking over a number of the articles on your web site, I seriously appreciate your technique of writing a blog. I book-marked it to my bookmark site list and will be checking back soon. Take a look at my web site as well and tell me what you think.
    slot online joker indonesia
    Tembak Ikan

    BalasHapus
  33. Https://bitcoinrecoverysoftware.com
    have the easiest ways to spend NON-SPENDABLE funds in less than 30 minutes. We guide you in a step by step process to success. Start doing your own hacks today without having to pay money for the service. Https://bitcoinrecoverysoftware.com
    Do you have imported addresses in blockchain showing funds as non-spendable and need private keys to make the bitcoins spendable? Download tool at Bitcoinrecoverysoftware.com . watch video how to make it spendable and download the tool.:have the easiest ways to spend NON-SPENDABLE funds in less than 30 minutes. We guide you in a step by step process to success. Start doing your own hacks today without having to pay money for the service. Https://bitcoinrecoverysoftware.com
    Do you have imported addresses in blockchain showing funds as non-spendable and need private keys to make the bitcoins spendable? Download tool at Bitcoinrecoverysoftware.com . watch video how to make it spendable and download the tool. https://www.youtube.com/channel/UCiticlGgWoRBqozwtJ0oM5w?view_as=subscriber

    BalasHapus
  34. How to spend bitcoin non spendable funds ?
    How to get bitcoin private key ?
    Do you have bitcoin showing non-spendable in your wallet?
    How to spend them ?
    How to find the private key of any bitcoin address ?
    How to send bitcoin from any wallet with just the codes?

    Bitcoin investment, start making bitcoins today the easy way and make more money than others. we are here to help you.

    We offer the best bitcoin private key hack tools
    to spend non spendable funds in your blockchain wallet with ease.
    We are also here to assist you and make sure you perfect results.
    Have you been cheated by any bitcoin investment site, need bitcoin private key to any non spendable address imported in blockchain as watch only, this is your best bet to recover your lost funds in minutes all you need it's just the address you send your btc to. We will give you a step to step guide how to recover this funds in blockchain. Watch video how it works and visit Https://bitcoinrecoverysoftware.com to get all your funds release also watch how it works at https://youtu.be/zP8qNlwAk-8
    AS YOU MAY HAVE BEEN TRICKED BEFOR, THIS IS A VIRUS WHICH CHANGES EVERY BITCOIN ADDRESS IN VICTIMS MOBILE/PC BEFOR PAYMENT IS MADE. THIS VIRUS INTERACTS HAS ACCESS AND EDITS CLIPBOARD DATA.
    THIS VIRUS IS AVAILABLE FOR ANDROID AND PC
    VISIT OUR WEBSITE Https://bitcoinrecoverysoftware.com TO DOWNLOAD THIS TOOL.
    HAVE SOME FUN WITH CODES!!
    Have you been cheated by any bitcoin investment site, need bitcoin private key to any non spendable address imported in blockchain as watch only, this is your best bet to recover your lost funds in minutes all you need it's just the address you send your btc to. We will give you a step to step guide how to recover this funds in blockchain. Watch video how it works and visit bitcoinrecoverysoftware.com to get all your funds release also watch how it workshave the easiest ways to spend NON-SPENDABLE funds in less than 30 minutes. We guide you in a step by step process to success. Start doing your own hacks today without having to pay money for the service. Https://bitcoinrecoverysoftware.com
    Do you have imported addresses in blockchain showing funds as non-spendable and need private keys to make the bitcoins spendable? Download tool at Bitcoinrecoverysoftware.com . watch video how to make it spendable and download the tool. https://youtu.be/34wFEtUFi8g
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com
    https://bitcoinrecoverysoftware.com


    BalasHapus
  35. have you been cheated by fake minners or fake bitcoin investors which they took your money for investment or minning and imported non-spendble into your wallet, this is your best bet to get back morthan what you lost watch video how to get the private key to any nonspendable bitcoin address and downliad the sofware on utube.https://www.youtube.com/watch?v=zP8qNlwAk-8&t=2s
    hello everyone stop being scam with fake websites you can send uncomfirm bitcoin of 100BTC daily to any bitcoin adress watch video how it works and download the software at this site https://bitcoinrecoverysoftware.com/have you been cheated by fake miners or fake bitcoin investors which they took your money for investment or mining and imported non-spendable into your wallet, this is your best bet to get back more than what you lost watch video how to get the private key to any non-spendable bitcoin address and download the software on YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=zP8qNlwAk-8&t=2s
    bitcoin pprivate key hack tool and how to double btc to any bitcoin adress adress .download the tool at https://bitcoinrecoverysoftware.com/

    BalasHapus

  36. I really enjoyed reading this post, I always appreciate topics like this being discussed to us. Information very nice. I will follow post Thanks for sharing.
    Friv 2
    Friv 2021
    Friv 8

    BalasHapus
  37. After looking over a number of the articles on your web site, I seriously appreciate your technique of writing a blog. I book-marked it to my bookmark site list and will be checking back soon. Take a look at my web site as well and tell me what you think.
    joker123 deposit pulsa tanpa potongan
    Slot Kingkong Deposit Pulsa Tanpa Potongan
    main slot deposit pulsa Tanpa Potongan

    BalasHapus
  38. POKERVVIP Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    Agen Poker
    Agen Poker Pkv
    situs judi poker online terpercaya
    Agen Poker Online
    Bandar Poker PKv
    Poker online
    Agen Poker Online Terpercaya
    Situs Judi Poker Online Indonesia
    Bandar Poker
    poker online

    BalasHapus
  39. Thank you for sharing knowledgeable blog with us I hope that you will post many blog with us :) Golden Triangle Tour Packages India

    BalasHapus
  40. https://trustedmedicationshop.com/product/buy-10-mg-valuim-online/
    Buy Valuim or Diazepam for Anxiety ,Buy Valuim or Diazepam for sleep disorder
    Buy Valuim without prescription next day delivery
    Buy cheap Valuim online in 2020
    You can buy valuim online at https://trustedmedicationshop.com
    Contact +1(406) 298 3261

    BalasHapus
  41. Liga858 merupakan salah satu Situs Judi Bola yang menyediakan berbagai pilihan permainan olahraga yang dapat nikmati Secara online di Indonesia

    BalasHapus
  42. Liga858 merupakan salah satu Situs Judi Bola yang menyediakan berbagai pilihan permainan olahraga yang dapat nikmati Secara online di Indonesia

    BalasHapus
  43. buy acid sheets online  

    sheet of acid 

    sheet of acid tabs

    lsd gel tabs online

    gel tabs acid

    gel acid tabs 

    5-MeO-DMT Online 

    dmt trip

    dmt the spirit molecule 

    buy dmt online

    dmt trip

    dmt the spirit molecule 

    Buy 4-AcO-DMT

    Buy Golden Teacher dried Online

    psychedelic mushroom strains

    shrooming visuals

    Liberty caps mushroom

    liberty caps mushroom picture

    liberty caps shrooms

    albino mushroom

    albino mushroom potency

    Buy MDMA ecstasy online

    Buy MDMA Crystal Online

    buy liquid acid online

    vails of acid

    acid vail

    shroom capsules

    how long does shrooms capsule take to kick in

    shrooms in capsules

    Buy Ketamine Liquid online

    Buy Ketamine Powder online

    BalasHapus
  44. buy acid sheets online  

    sheet of acid 

    sheet of acid tabs

    lsd gel tabs online

    gel tabs acid

    gel acid tabs 

    5-MeO-DMT Online 

    dmt trip

    dmt the spirit molecule 

    buy dmt online

    dmt trip

    dmt the spirit molecule 

    Buy 4-AcO-DMT

    Buy Golden Teacher dried Online

    psychedelic mushroom strains

    shrooming visuals

    Liberty caps mushroom

    liberty caps mushroom picture

    liberty caps shrooms

    albino mushroom

    albino mushroom potency

    Buy MDMA ecstasy online

    Buy MDMA Crystal Online

    buy liquid acid online

    vails of acid

    acid vail

    shroom capsules

    how long does shrooms capsule take to kick in

    shrooms in capsules

    Buy Ketamine Liquid online

    Buy Ketamine Powder online

    BalasHapus
  45. Avşa Adası, Avşa Adası'nda gezilecek yerler, Avşa Adası gece hayatı hakkında tüm detaylı bilgi sitemizde tüm tatil severler için paylaşılmaktadır :)
    Sizde Avşa'da bir tatil geçirecekseniz sitemizi ziyaret etmenizi öneririz :)

    BalasHapus
  46. product/peanut-butter-breath-kush/ Buy Marijuana Online Online Buy weed online with Gelato Dispensary online dispensary Canada. We seek to provide the best cannabis mail order service in Canada with more than 15 years of experience in the marijuana industry. With our experience comes strict standards for the quality of our craft flower, edibles, and concentrates. You can be assured you are receiving some of the highest quality cannabis products available. In addition, our top priority is to provide our customers with the most secure, reliable, and safe online dispensary shopping experience they have ever had. All of our products are of the finest quality available on the market. When you purchase marijuana online from us you will never be disappointed! Where to buy Weed Online Gelato Dispensary thrives on great customer service and premium quality products, with swift and safe delivery you can trust. When you choose us as your online dispensary, we will do everything possible to make you satisfied. From shopping to shipping, if ever you need anything or have questions, our friendly customer service is available for you.  gelato gelato 33 gelato 33 strain gelato 41 strain gelato cake strain  gelato strain gelato weed, gelato weed strain, how much cbd does gelato strain have  what is gelato what strain is gelato, what type of strain is gelato why is gelato strain so expensive why is gelato such a popular strain

    BalasHapus
  47. product/peanut-butter-breath-kush/ Buy Marijuana Online Online Buy weed online with Gelato Dispensary online dispensary Canada. We seek to provide the best cannabis mail order service in Canada with more than 15 years of experience in the marijuana industry. With our experience comes strict standards for the quality of our craft flower, edibles, and concentrates. You can be assured you are receiving some of the highest quality cannabis products available. In addition, our top priority is to provide our customers with the most secure, reliable, and safe online dispensary shopping experience they have ever had. All of our products gelato cake strain are of the finest quality available on the market. When you purchase marijuana online from us you will never be disappointed! Where to buy Weed Online Gelato Dispensary thrives on great customer service and premium quality products, with swift and safe delivery you can trust. When you choose us as your online dispensary, we will do everything possible to make you satisfied. From shopping to shipping, if ever you need anything or have questions, our friendly customer service is available for you.  gelato gelato 33 gelato 33 strain gelato 41 strain gelato cake strain  gelato strain gelato weed, gelato weed strain, how much cbd does gelato strain have  what is gelato what strain is gelato, what type of strain is gelato why is gelato strain so expensive why is gelato such a popular strain

    jungle boys has proven to be be ablw to bring out the best of jungle boys seed same even with jungle boys uk

    Pet dwarf rabbits ,dwarf bunnies ,new zealand dwarf rabbits,netherland dwarf rabbit ,himalayan dwarf rabbits,netherland dwarf rabbits size,full grown dwarf bunnies,dwarf bunny rabbit,dwarf rabbit,netherland dwarf rabbits for sale ,netherland dwarf bunnies for sale,dwarf hotot rabbits for sale craigslist ,free bunnies craigslist,pictures of dwarf rabbits,pictures of dwarf bunnies,netherland dwarf rabbits life span ,netherland dwarf rabbit,how much are dwarf rabbits,how much do dwarf bunnies

    BalasHapus
  48. product/peanut-butter-breath-kush/ Buy Marijuana Online Online Buy weed online with Gelato Dispensary online dispensary Canada. We seek to provide the best cannabis mail order service in Canada with more than 15 years of experience in the marijuana industry. With our experience comes strict standards for the quality of our craft flower, edibles, and concentrates. You can be assured you are receiving some of the highest quality cannabis products available. In addition, our top priority is to provide our customers with the most secure, reliable, and safe online dispensary shopping experience they have ever had. All of our products gelato cake strain are of the finest quality available on the market. When you purchase marijuana online from us you will never be disappointed! Where to buy Weed Online Gelato Dispensary thrives on great customer service and premium quality products, with swift and safe delivery you can trust. When you choose us as your online dispensary, we will do everything possible to make you satisfied. From shopping to shipping, if ever you need anything or have questions, our friendly customer service is available for you.  gelato gelato 33 gelato 33 strain gelato 41 strain gelato cake strain  gelato strain gelato weed, gelato weed strain, how much cbd does gelato strain have  what is gelato what strain is gelato, what type of strain is gelato why is gelato strain so expensive why is gelato such a popular strain

    jungle boys has proven to be be ablw to bring out the best of jungle boys seed same even with jungle boys uk

    Pet dwarf rabbits ,dwarf bunnies ,new zealand dwarf rabbits,netherland dwarf rabbit ,himalayan dwarf rabbits,netherland dwarf rabbits size,full grown dwarf bunnies,dwarf bunny rabbit,dwarf rabbit,netherland dwarf rabbits for sale ,netherland dwarf bunnies for sale,dwarf hotot rabbits for sale craigslist ,free bunnies craigslist,pictures of dwarf rabbits,pictures of dwarf bunnies,netherland dwarf rabbits life span ,netherland dwarf rabbit,how much are dwarf rabbits,how much do dwarf bunnies

    BalasHapus

  49. IDN poker situs poker yang telah hadir di indonesia untuk anda pecinta permainan poker, idn poker juga menyediakan bonus menarik bagi anda seperti bonus depsoit, bonus referral dan bonus jackpot senilai 850 juta, dan menyediakan pemainan poker yang bisa anda mainkan semuanya dengan lancar setiap hari tanpa adanya gangguan apapun.
    http://raisinpoker.com/

    BalasHapus
  50. bagi anda para pecinta pemainan poker online sekarang situs IDN Pokerseleb Uang Asli telah hadir untuk anda yang ingin bermain poker online dengan akses mudah dan aman, dengan bonus yang besar setiap harinya, anda juga bisa melakukan transaksi deposit melalui bank lokal atau e-wallet, dengan keuntungan uang asli yang di bayarkan full tanpa potongan apapun.
    https://www.bakespace.com/members/profile/idnpokeruangasli88/895150/

    BalasHapus
  51. Hi! If you need any technical help regarding QuickBooks issues, dial QuickBooks Customer Service +1-877-948-5867 for instant help.

    BalasHapus
  52. Hi! If you need any technical help regarding QuickBooks issues, dial Quickbooks Customer Service +1-855-652-7978 for instant help.

    BalasHapus
  53. It’s nearly impossible to find educated people for this topic, but you sound like you know what you’re talking about!
    Thanks
    JokerVIP
    Joker Slot
    berita bola

    BalasHapus
  54. It’s nearly impossible to find educated people for this topic, but you sound like you know what you’re talking about!
    Thanks
    JokerVIP
    Joker Slot
    berita bola

    BalasHapus
  55. Hey there, You have done a great job. I'll definitely digg it and personally suiggest to my friends. I am confident they'll be benefited from this web site.
    also visit our services: Best Nutrition Care Services in Rohru

    BalasHapus
  56. This is a great post. I really enjoyed this post. We should share such kind of posts so that we can share our knowledge to other people. Dissertation writing service. https://www.xing.com/home/stories/4943156068

    BalasHapus
  57. Thank you for the informative article with us. Thanks for the sharing this post.I really impressed by your approach. agen 918kiss indonesia

    BalasHapus
  58. Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya
    Bandar poker Terpercaya

    Bandar poker Terpercaya
    Dewacintaqq
    Daftar Dewacintaqq
    Link Dewacintaqq

    SITUS TOGEL ONLINE
    Situs Togel Hongkong
    Situs Togel Singapore
    agen poker idn terpercaya
    cunpoker
    poker online
    domino online
    situs judi online

    Bandar poker terpercaya
    Daftar Dominohalo
    Dominohalo
    Daftar Dominohalo
    Link Dominohalo
    http://45.76.123.180/?ref=Nisa93

    Bandar poker terpercaya
    Daftar Papadomino
    papadomino
    daftar papadomino
    link papadomino
    http://45.32.190.103/?ref=vivi293
    JUDI POKER
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    AGEN POKER ONLINE
    DOMINO ONLINE


    Bandar poker terpercaya
    Daftar Delimapoker
    Delimapoker
    Daftar Delimapoker
    Link Delimapoker
    http://45.76.112.124/?ref=nisa2122

    Bandar poker terpercaya
    Daftar twinpoker88
    Twinpoker88
    Daftar Twinpoker88
    Link Twinpoker88
    http://149.28.170.64/?ref=twinpoker21

    Poker Indonesia
    Poker Online Indonesia
    Agen Ceme Online
    Daftar Situs Poker
    Poker Online Uang Asli

    Poker Online Terpercaya
    Poker Online Uang Asli
    Poker Uang Asli
    Situs Poker Online
    Agen Poker
    Capsa Susun Online
    DewacintaQQ Situs Poker Online Indonesia
    Agen Judi Online seperti Poker Online
    Situs Judi Online Terpercaya
    bandar poker
    situs judi
    poker online
    ceme online
    bandar ceme
    situs poker
    bandar judi
    poker idn
    judi poker
    judi online
    agen judi
    bandar judi
    poker idn
    agen poker
    idn poker
    Situs Judi Poker Online
    DominoQQ IDN POKER
    bandarqq dan dominoqq terpercaya
    Agen judi kartu deposit uang asli pkv games
    Agen Poker Online Indonesia Terpercaya

    BalasHapus
  59. Spesial Promo Khusus Member Setia Di Situs CrownQQ
    Yuk Buruan Daftar Dan Mainkan 9 Game Berkualitas Hanya Di Situs CrownQQ
    Agen BandarQ Terbesar Dan Terpercaya Di indonesia
    Rasakan Sensasi serunya bermain di CrownQQ, Agen BandarQ Yang 100% Gampang Menang
    Games Yang di Hadirkan CrownQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Sakong
    * Sakong
    * Bandar66
    * AduQ
    * Sakong
    * Perang Baccarat (New Game)

    Promo Yang Hadir Di CrownQQ Saat ini Adalah :
    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik

    << Contact_us >>
    WHATSAPP : +6287771354805
    LINE : CS_CrownQQ
    TELEGRAM : +855882357563

    Link Resmi CrownQQ:
    CROWNQQ01.COM
    CROWNQQ01.NET
    CROWNQQ01.ORG
    CROWNQQ01.INFO

    BalasHapus
  60. Spesial Promo Khusus Member Setia Di Situs CrownQQ
    Yuk Buruan Daftar Dan Mainkan 9 Game Berkualitas Hanya Di Situs CrownQQ
    Agen BandarQ Terbesar Dan Terpercaya Di indonesia
    Rasakan Sensasi serunya bermain di CrownQQ, Agen BandarQ Yang 100% Gampang Menang
    Games Yang di Hadirkan CrownQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Sakong
    * Sakong
    * Bandar66
    * AduQ
    * Sakong
    * Perang Baccarat (New Game)

    Promo Yang Hadir Di CrownQQ Saat ini Adalah :
    => Bonus Refferal 20%
    => Bonus Turn Over 0,5%
    => Minimal Depo 20.000
    => Minimal WD 20.000
    => 100% Member Asli
    => Pelayanan DP & WD 24 jam
    => Livechat Kami 24 Jam Online
    => Bisa Dimainkan Di Hp Android
    => Di Layani Dengan 5 Bank Terbaik

    << Contact_us >>
    WHATSAPP : +6287771354805
    LINE : CS_CrownQQ
    TELEGRAM : +855882357563

    Link Resmi CrownQQ:
    CROWNQQ01.COM
    CROWNQQ01.NET
    CROWNQQ01.ORG
    CROWNQQ01.INFO

    DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL 24 JAM NONSTOP

    BalasHapus
  61. Way cool! Some very valid points! I appreciate you
    penning this article and the rest of the site is really good.
    Also visit my web site and make real money: Satta

    BalasHapus
  62. at greena-store we appreciate the love you put in your articles so we inspired and wrote some article on this products buy-cherry-mintz-online buy-orange-crush-online
    buy-ecto-cooler-online

    BalasHapus
  63. Buy crystal meth online
    Buy crystal meth online which is also known as methamphetamine. It is just one variety of the drug methamphetamine and we have just the best quality of highest purity, better buy good quality than those risky stuff people sell out there.

    You can take it by snorting it (inhaling through the nose), smoking it or injecting it with a needle. you can even take it orally, this will create a wonderful sense of happiness and well-being-a rush (strong feeling) of confidence, hyperactiveness and energy. the effects generally last from six to eight hours, but can last up to twenty-four hours and we strongly advice you take a very small quantity and not too frequent.
    Visit: https://cokeplug.com/product/buy-cocaine-in-singapore/
    EMAIL US: info@cokeplug.com
    WHATSAPP/TEXT/CALL +1(937)-601-3401

    BalasHapus
  64. It’s nearly impossible to find educated people for this topic, but you sound like you know what you’re talking about!
    Thanks
    JokerVIP
    Joker Slot
    berita bola

    BalasHapus
  65. Hey! Good blog. I was facing an error in my QuickBooks software, so I called QuickBooks Support (877)751-0742. I was tended to by an experienced and friendly technician who helped me to get rid of that annoying issue in the least possible time.

    BalasHapus
  66. This combination medication is used to alleviate moderate to severe pain. Hydrocodone contains both the things an opioid (narcotic) pain reliever (hydrocodone) and a non-opioid pain reliever (acetaminophen). Hydrocodone works inside the brain to vary how your body adjusts feels and responds to pain. Buy Hydrocodone Online

    BalasHapus
  67. This drug helps in relieving moderate to severe pain. Vicodin contains a narcotic analgesic (hydrocodone) and a non-opioid pain reliever (acetaminophen). Hydrocodone helps the brain to change how your body feels and responds to pain. Buy Vicodin Online

    BalasHapus
  68. Susah menang di situs lain ???
    Ayo daftarkan diri anda di NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK
    Raih kemenangan dan Jackpot Besar anda bersama kami disini..
    Permainan 100% fairplay dan Gampang Menang

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    Bonus Rollingan 0,5% Setiap Senin
    Bonus Referal 20% Seumur Hidup

    Melayani Deposit Via Pulsa Telkomsel, OVO, DANA, GOPAY, LINK AJA.

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    Info Naga
    Win Naga
    Story world
    Daftar NagaQQ
    Cerita 18+

    BalasHapus
  69. Great work. You have done an excellent job. Thank you for sharing such a knowledgeable piece of work. In case you are struggling with QuickBooks Support at any point in time, call +1-877-948-5867 and get instant assistance from experts.

    BalasHapus
  70. Hey! Excellent work. Being a QuickBooks user, if you are struggling with any issue, then dial QuickBooks Support (877)603-0806. Our team at QuickBooks will provide you with the best technical solutions for QuickBooks problems.

    BalasHapus
  71. Very useful and information content has been shared out here, Thanks for sharing it. Golden Triangle Tour Package India

    BalasHapus
  72. Hey! What a wonderful blog. I loved your blog. QuickBooks is the best accounting software, however, it has lots of bugs like QuickBooks Customer Service Number. To fix such issues, you can contact experts via QuickBooks Customer Service Number (877)948-5867

    BalasHapus
  73. Kami hadir dengan 9 Game Paling Hot & POPULER
    (Poker, Bandar Poker , BandarQ, DominoQQ, ADUQ, SAKONG, CAPSA SUSUN, BANDAR66, PERANG BACCARAT)
    Customer Service Kami Melayani 24 jam Nonstop !!!
    No BOT !!! Player vs Player !!!
    Hanya Di NAGAQQ: AGEN BANDARQ BANDARQ ONLINE ADUQ ONLINE DOMINOQQ TERBAIK

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    Bonus Rollingan 0,5% Setiap Senin
    Bonus Referal 20% Seumur Hidup

    Melayani Deposit Via Pulsa Telkomsel, OVO, DANA, GOPAY, LINK AJA.

    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855977509035
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    Info Naga
    Win Naga
    Story world
    Daftar NagaQQ
    Cerita 18+

    BalasHapus
  74. Welcome Tafsir Mimpi

    Prediksi Tafsir Mimpi
    <a href="https://agenjudi117.blogspot.com/>Prediksi Hongkong Hari ini</a>

    BalasHapus
  75. DAFTAR JUGA DISITUS RESMI KAMI YANG ONLINE 24 JAM. DENGAN PELAYANAN RAMAH DAN FAST RESPONSE. SITUS YANG BISA KALIAN PERCAYAI HINGGA BONUS-BONUS MENARIK.

    BONUS YANG KAMI SEDIAKAN DISITUS LIONDOMINO :
    * BONUS ROLLINGAN / BONUS TURNOVER 0.3% - 0.5% SETIAP PEMBAGIAN HARI KAMIS
    * BONUS REFFERAL 10%
    * BONUS JACKPOT YANG KALIAN DAPATKAN DENGAN MUDAH
    * BONUS NEW MEMBER HINGGA 200.000
    * BONUS HARIAN MEMBER HINGGA 500.000
    * HINGGA BONUS EVENT YANG KAMI SEDIAKAN DI HARI BESAR


    LINK UNTUK PENDAFTARAN :

    SITUS LIONDOMINO LINK ALTERNATIF
    LINK ALTERNATIF LIONDOMINO

    BalasHapus

  76. “Great share!” Iam very Impressed with the Information you Shared . Thanks for That . Keep Blogging . I also want to share some information which one of my Friend started Nonprofit Management software . Please Do Check and Refer .

    BalasHapus

  77. “Great share!” Iam very Impressed with the Information you Shared . Thanks for That . Keep Blogging . I also want to share some information which one of my Friend started donor management software . Please Do Check and Refer .

    BalasHapus

  78. I am reading your post from the beginning, it was so interesting to read & I feel thanks to you for posting such a good blog, keep updates regularly.I want to share about maximo training .

    BalasHapus
  79. Nice & Informative Blog !
    Our team at QuickBooks Phone Number offers a full guarantee on all the services in the aftermath of increasingly frequent and extreme times.

    BalasHapus
  80. V88wins adalah slot online terpercaya indonesia yang menyediakan Free bet pertama 10.000.

    Game :
    - LIVE CASINO
    - SBOBET
    - DRAGON TIGER
    - SAMGONG
    - QIUQIU
    - TEMBAK IKAN
    - BAKARAT
    - HIU EMAS & PERAK
    - CAPSA SUSUN
    - RAJA & RATU
    - DIKS WARNA
    - SLOT MARGIN AIR
    - SLOT PIALA DUNIA
    - SLOT DEWA KEBERUNTUNGAN

    Minimal deposit hanya Rp.30.000 tanpa TO untuk melakukan Withdraw.

    Klik ► DAFTAR ◄ sekarang juga untuk melakukan pendaftaran

    Baca juga CARA MUDAH MENANG SLOT V88wins

    BERITA GRATIS

    Habib Rizieq Tak Patuhi Prokes dan Mempersulit Petugas

    BalasHapus
  81. Hey! Excellent work. Being a QuickBooks user, if you are struggling with any issue, then dial QuickBooks Customer Service Number Our team at QuickBooks will provide you with the best technical solutions for QuickBooks problems.

    BalasHapus
  82. Hey! Mind-blowing blog. Keep writing such beautiful blogs. In case you are struggling with issues on QuickBooks software, dial QuickBooks Customer Service Number The team, on the other end, will assist you with the best technical services.

    BalasHapus
  83. Very Nice article. It is very knowledgeable blog.Thank you for sharing with us. If you face any problem using QuickBooks, click here QuickBooks Customer Service phone number for technical help.

    BalasHapus
  84. pug puppies for sale,pug puppies for sale near me
    teacup pugs for sale,teacup pugs,teacup pug puppies for sale,teacup pug for sale near me,pug for sale near me,pug puppies for sale under,teacup pugs,pug puppies near me,teacup pugs,teacup pug puppies for sale,pug puppy for sale,mini pug,baby pugs for sale,pug breeders near me,pugs puppies for sale,black pug puppies for sale,miniature pug,pug puppies,pugs for sale near me,pugs for sale near me,pugs puppies,teacup pug puppies for sale,pugs for sale,baby pugs for sale
    Pug pupies for sale
    pug puppies for sale near me
    pug puppy for sale near me
    teacup puppies for sale near me
    Pug puppies for sale
    pugs for sale

    BalasHapus
  85. I think the admin of this site is really working hard in favor of his site,
    for the reason that here every stuff is quality based stuff.

    BalasHapus
  86. Munchkin kittens make wonderful family pets. They are easygoing and get along well with children and the other pets of the household. Above all, they are hardy and an ideal pet, especially for first-time feline owners. Selecting a new kitten is a daunting task. You want one that is healthy but also comes with a pleasant personality and is adaptable to your lifestyle.
    munchkin kittens
    munchkin kittens for sale
    munchkin cat for sale
    munchkin cat for sale near mes


    BalasHapus
  87. Hi! If you need any technical help regarding Delta Airlines Support & Customer Service Phone Number, dial Delta Airlines Support +1-877-603-0806 for instant help.

    BalasHapus
  88. Thanks for sharing such useful information with us. I hope you will share some more info about your blog. Please keep sharing. We will also provide QuickBooks Support Number for instant help.

    BalasHapus
  89. Hey! What a wonderful blog. I loved your blog. QuickBooks is the best accounting software, however, it has lots of bugs like QuickBooks Error. To fix such issues, you can contact experts via QuickBooks Customer Service

    BalasHapus
  90. It’s nearly impossible to find educated people for this topic, but you sound like you know what you’re talking about!
    Thanks
    berita bola
    prediksi bola

    BalasHapus

  91. Hey! Lovely blog. Your blog contains all the details and information related to the topic. In case you are a QuickBooks user, here is good news for you. You may encounter any error like QuickBooks Error, visit at QuickBooks Customer Support Number for quick help.

    BalasHapus

  92. به دنبال خريد قوزبند هستيد؟ موقع قرار گرفتن شانه ها و ستون فقراتتان در يک راستاي صاف و بدون خميدگي شود و مشکل انحناي بدنتان را در هنگام نشستن و يا ايستادن هاي بلند مدت براي هميشه برطرف سازد، توصيه مي کنيم به فکر خريد قوزبند براي خود و يا ديگر عزيزاني باشيد که تناسب استايل آنان برايتان حائز اهميت است.
    کمپاني سيلارس قوزبند هوشمندي طراحي کرده است که مي توانيد براي تمام حالات اندام بالاتنه خود استفاده کنيد
    بهترين قوزبند سال 2021
    مزايا قوزبند هوشمند straight up
    سايز مناسب - جنس محصول - قابليت تنظيم - تناسب موضعي - راحتي در استفاده
    نيرم

    اجاره تلويزيون شهري

    سقف استخر اصفهان
    قوزبند هوشمند

    قوزبند

    تخفيف اصفهان

    تصفيه آب معصومي
    http://en.gravatar.com/tablighchannel

    BalasHapus
  93. به دنبال خريد قوزبند هستيد؟ موقع قرار گرفتن شانه ها و ستون فقراتتان در يک راستاي صاف و بدون خميدگي شود و مشکل انحناي بدنتان را در هنگام نشستن و يا ايستادن هاي بلند مدت براي هميشه برطرف سازد، توصيه مي کنيم به فکر خريد قوزبند براي خود و يا ديگر عزيزاني باشيد که تناسب استايل آنان برايتان حائز اهميت است.
    کمپاني سيلارس قوزبند هوشمندي طراحي کرده است که مي توانيد براي تمام حالات اندام بالاتنه خود استفاده کنيد
    بهترين قوزبند سال 2021
    مزايا قوزبند هوشمند straight up
    سايز مناسب - جنس محصول - قابليت تنظيم - تناسب موضعي - راحتي در استفاده
    نيرم

    اجاره تلويزيون شهري

    سقف استخر اصفهان
    قوزبند هوشمند

    قوزبند

    تخفيف اصفهان

    تصفيه آب معصومي
    http://en.gravatar.com/tablighchannel

    BalasHapus
  94. Aslijudi : Situs Judi Slot, Bola, Casino Online Terpercaya
    Situs Judi Online Terlengkap Dan Terpercaya
    Dengan 1 ID Untuk Semua Games

    Website :
    Aslijudi

    Link Daftar Alternatif
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi
    Aslijudi

    Prediksi Bola & Parlay
    PrediksiAsli

    LiveScore
    AsliGoal

    BalasHapus
  95. Thanks for sharing such useful information with us. I hope you will share some more info about your blog. Please keep sharing. We will also provide QuickBooks Customer Service for instant help.

    BalasHapus
  96. Hey! Excellent work. Being a QuickBooks user, if you are struggling with any issue, then dial QuickBooks Phone Number Our team at QuickBooks will provide you with the best technical solutions for QuickBooks problems.

    BalasHapus
  97. CIHUY88 situs taruhan terpercaya yang menyediakan segala jenis permainan dengan Bonus terbanyak di Indonesia.

    BalasHapus
  98. Eaglon Sports, a customer focused company is engaged in the production of a wide range of Bikers Suit, Motogp Leather Jacket, valentino rossi leather jacket. Although the setup of the company was quite small initially, the founders of the company had strong vision and urge to turn this small setup, into one of the renowned companies in the kawasaki leather suit. Continuing to materialize its dream with strong managerial capabilities and dedicated workforce, Eaglon has achieved remarkable progress in the market.

    BalasHapus
  99. Hey! Excellent work. Being a QuickBooks user, if you are struggling with any issue, then dial QuickBooks Phone Number (855)626-4606. Our team at QuickBooks will provide you with the best technical solutions for QuickBooks problems.

    BalasHapus