Selasa, 03 Juni 2014

Hakikat Kebudayaan Jawa



Pada hakekatnya, kebudayaan jawa adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat jawa dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari,kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupaperilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa,peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat di daerah tertentu.

Sifat hakikat kebudayaan adalah ciri-ciri khusus dari sebuah kebudayaan yang masing-masing masyarakat berbeda. Bagi masyarakat Barat makan sambil berjalanvbahkan setengah berlari adalah biasa karena bagi mereka the time is money, berbedavdengan masyarakat Timur, jangankan makan sambil berjalan, makan berdiri sajavsudah melanggar etikav(janganlah salah seorang dari kamuminum dalam keadaan berdiri). Namun, secara garis besar, seluruh kebudayaan yangvada di dunia ini memiliki sifat-sifat hakikat yang sama.
Pada dasarnya, kebudayaan jawa selalu mengutamakan keselarasan, keseimbangan, dan juga keserasian. Keseluruhan unsur kehidupan itu harus selalu harmonis dan saling berdampingan. Intinya, segaal hal tersebut haruslah sesuai. Semua hal yang menyebabkan ketidak cocokan harus dijauhi. Jika ada hal-hal yang mengganggu keharmonisan, maka harus di diskusikan dan dibenahi agar bisa kembali harmonis.
Sifat orang jawa ini lah yang tercermin pada budayanya, beberapa sifat yang dienal dalam masyarakat sangat memegang teguh keseiaan, sopan, dan ramah. Peranan budaya yang penting bagi masyarakat jawa terhadap budaya nya masih tetap dipegang teguh sampai sekarang, dan lebih mementingkan nilai tradisi leluhur.
Secara umum, hakikat budaya jawa dapat dilihat pada kehidupan manusia, yaitu:
a.         Hakikat hidup manusia: hakikatnya dapat dilihat dimana kebudayaan itu bisa berbeda meskipun satu daerah yang sama.
b.        Hakikat karya manusia: budaya itu pada hakikatnya dapat berbeda untuk hidup tergantung kedudukan,gerak hidup untuk lebih menciptakan karya baru.
c.         Hakikat waktu manusia: hakikat penciptaan kebudayaan di masa sekarang dan masa lalu tentunya ada perbedaan.
d.        Hakikat alam manusia: disini ada sebagian terciptanya masyarakat baru dengan lebih mengeksploitasi keindahan alam sehingga lebih menarik.
e.         Hakikat hubungan dengan manusia: harus tetap memperhatikan hubungan yang baik secara horizontal maupun vertikal.
Semua budaya jawa itu dipengaruhi oleh sifat dan manusianya sendiri, sehingga hakikat kebudayaan jawa yang selama ini dilihat tetap bisa bertahan dan semakin dikenal masyarakat.

File  Lengkap dapat diunduh DISINI

0 komentar:

Posting Komentar