INSTRUMEN SUPERVISI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETESI LULUSAN
FILE WORD DAPAT DIUNDUH DI SINI
Nama
Madrasah : …………………………
Nama
Kepala Madrasah : …………………………
Alamat
Madrasah/Kota : …………………………
No
|
Aspek
|
No
|
Indikator & Sub Indikator
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Kepemilikan
Dokumen KTSP
|
1
|
Dokumen
KTSP berlaku dg disahkan Kepala Madrasah dengan pertimbangan Komite &
diketahui Kasi/Kabid Mapenda
|
|
|
|
|
|
2
|
KTSP
disusun dg mempertahankan acuan operasional yang terdiri atas:
a.
agama
b.
peningkatan iman & taqwa serta akhlak mulia
c.
persatuan nasional & nilai kebangsaan
d.
.............
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Proses
penyusunan Dokumen:
a.
membentuk Tim KTSP disertai uraian tugas masing-masing
b.
………….
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Komponen
KTSP
|
4
|
4.1 Visi, Misi
dan Tujuan Satuan pendidikan & Strategi
4.2 Struktur
& Muatan Kurikulum
4.3 Kalender
Pendidikan
4.4 Penyusunan
Pengembagan Silabus
4.5 Ada
program penigkatan mutu lulusan
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor : …………… NILAI : ……………
KRITERIA : …………….
Keterangan: Skor 86 – 100% Baik Sekali
71
– 85% Baik
55
– 70% Cukup
> 55% Kurang
…………………………..
Pengawas
Pembina
INSTRUMEN SUPERVISI 8 STANDAR
NASIONAL PENDIDIKAN
STANDAR PROSES
Nama Madrasah :
…………………………
Nama Kepala Madrasah :
…………………………
Alamat Madrasah/Kota :
…………………………
No
|
Aspek
|
No
|
Indikator & Sub Indikator
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Perangkat
Pembelajaran
|
1
|
Ada rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) yang dikembangkan dari silabus oleh setiap guru yang
sesuai dengan standar proses
|
|
|
|
|
|
2
|
Subtansi
RPP sekurang-kurangnya memuat tujuan, materi, metode, kegiatan pembelajaran
(tatap muka, eksploarsi, elaborasi, konfirmasi), sumber belajar &
penilaian hasil belajar (tes, penugasan terstruktur & tugas mandiri tidak
terstruktur)
|
|
|
|
|
|
||
3
|
………….
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Proses
Pembelajaran
|
4
|
Menerapkan 4 persyaratan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, penialian &
tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
5
|
Menerapkan kegiatan pendekatan tatap muka, kegiatan terstruktur &
kegiatan mandiri tidak terstruktur
|
|
|
|
|
|
||
6
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor : …………… NILAI : ……………
KRITERIA : …………….
Keterangan: Skor 86 – 100% Baik Sekali
71
– 85% Baik
55
– 70% Cukup
> 55% Kurang
…………………………..
Pengawas
Pembina
INSTRUMEN SUPERVISI 8 STANDAR
NASIONAL PENDIDIKAN
STANDAR PENILAIAN
Nama Madrasah :
…………………………
Nama Kepala Madrasah :
…………………………
Alamat Madrasah/Kota :
…………………………
No
|
Aspek
|
No
|
Indikator & Sub Indikator
|
Skor
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Perangkat
Penilaian
|
1
|
Ada rancanagan, jadual pelakasanaan
apenilaian & remidial
|
|
|
|
|
|
2
|
Adanya rancangan jadual pelaksanaan penilaian dan program pengayaan
|
|
|
|
|
|
||
3
|
………….
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Pelaksanaan
Penialian
|
4
|
Penilaian dilakukan sepanjang semester
|
|
|
|
|
|
5
|
Teknik penilaian seuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa
....
|
|
|
|
|
|
||
6
|
.......
|
|
|
|
|
|
||
3
|
Hasil Penilaian
|
7
|
Peserta didik minimal mencapai batas KKM
|
|
|
|
|
|
8
|
Rerata nilai UN 3 tahun terakhir minimum 7,00
|
|
|
|
|
|
||
9
|
..............
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor : …………… NILAI : ……………
KRITERIA : …………….
Keterangan: Skor 86 – 100% Baik Sekali
71
– 85% Baik
55
– 70% Cukup
> 55% Kurang
…………………………..
Pengawas
Pembina
SUPERVISI ADMINISTRASI
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
(BERDASARKAN STANDAR PROSES)
Nama Madrasah :
…………………………
Nama Guru :
…………………………
Pangkat Golongan :
…………………………
Mata Pelajaran :
........................................ Jumlah
Jam Tatap Muka:
sertifikasi :
.......................................
No
|
Komponen Administrasi
Pembelajaran
|
Kondisi
|
Skor
|
Keterangan Kesesuaian
|
||||
Ya
|
Tidak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Program
tahunan
|
|
|
|
|
|
|
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
|
2
|
Program
semester
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Silabus
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
RPP
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Kalender Pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Jadual tatap Muka
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Agenda Harian
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Daftar Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
KKM
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Ansensi Siswa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor : …………… NILAI : ……………
KRITERIA : …………….
Keterangan: Skor 86 – 100% Baik Sekali
71
– 85% Baik
55
– 70% Cukup
> 55% Kurang
Tindak
lanjut:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………..
Pengawas
Pembina
SUPERVISI KEGIATAN PEMBELAJARAN
(BERDASARKAN STANDAR PROSES)
Nama
Madrasah : …………………………
Nama Guru : …………………………
Pangkat
Golongan : …………………………
Mata Pelajaran :
........................................ Jumlah
Jam Tatap Muka:
sertifikasi :
.......................................
No
|
Sub Komponen & Butir Komponen (Tatap
Muka)
|
Kondisi
|
Skor
|
Keterangan Kesesuaian
|
||||
Ya
|
Tidak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
KEGIATAN
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
|
|
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
|
a.
Menyiapkan peserta didik
|
|
|
|
|
|
|
||
b. Melakukan Apersepsi
|
|
|
|
|
|
|
||
c. Menjelaskan KD & Tujuan
yang ingin dicapai
|
|
|
|
|
|
|
||
d.
Menyampaikan cakupan materi & penjelasan uraian kegiatan sesuai
silabus/kesiapan bahan ajar
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
A. Eksplorasi
|
|
|
|
|
|
|
||
B. Elaborasi
|
|
|
|
|
|
|
||
C. Konfirmsi
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
Jumlah skor : …………… NILAI : ……………
KRITERIA : …………….
Keterangan: Skor 86 – 100% Baik Sekali
71 – 85% Baik
55
– 70% Cukup
> 55% Kurang
Tindak lanjut:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………….. ………………………
Pengawas
Pembina Guru
Mata Pelajaran
FORMAT PRA OBSERVASI SUPERVISI
KLINIS
Nama Sekolah :
Nama Guru :
NIP :
Mata Pelajaran :
Semester/Kelas :
Tahun Pelajaran :
Hari/Tanggal :
Waktu :
NO
|
ASPEK PRS SUPERVISI
|
CATATAN
|
1
|
Masalah
|
|
2
|
Masalah yang dihadapi siswa
|
|
3
|
Kompetensi yang ingin dicapai siswa
|
|
4
|
Materi pokok pembelajaran
|
|
5
|
Tujuan pembelajaran
|
|
6
|
Langkah-langkah pembelajaran
|
|
7
|
Media yang akan digunakan
|
|
8
|
Sistem penilaian yang akan digunakan
|
|
9
|
Tindak lanjut
|
|
Kesimpulan:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.....................,
........................ 20..........
Guru. Pengawas
.....................
................................................. .............................................................
NIP/NIY. NIP.
FORMAT oBSERVASI SUPERVISI KLINIS
Nama Sekolah :
Nama Guru :
NIP :
Mata Pelajaran :
Semester/Kelas :
Tahun Pelajaran :
Hari/Tanggal :
Waktu :
dokumen/Alat peraga/Media yang digunakan oleh
guru: .....................................................................
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
NO
|
ASPEK
|
Aktivitas
|
Keterangan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
A
|
Kegiatan Pendahuluan
|
|
|
|
Mengkondisikan siswa (apersepsi, motivasi, dan/atau yang lainnya)
|
|
|
|
|
Menyampaikan SK-KD/indikator/tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
B
|
Kegiatan inti (bagaimana siswa belajar)
|
|
|
|
C
|
Kegiatan Penutup
|
|
|
|
Refleksi
|
|
|
|
|
Membuat rangkuman/kesimpulan
|
|
|
|
|
Post test
|
|
|
|
|
Menentukan tindak lanjut
|
|
|
|
Kesimpulan:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.....................,
........................ 20..........
Mengetahui
Kepala Madrasah ............... Guru. Pengawas
.....................
................................................. .................................. ...........................................................
NIP/NIY. NIP/NIY. NIP.
FORMAT POST SUPERVISI KLINIS
Nama Sekolah :
Nama Guru :
NIP :
Mata Pelajaran :
Semester/Kelas :
Tahun Pelajaran :
Hari/Tanggal :
Waktu :
NO
|
TEMUAN
|
REKOMENDASI/BALIKAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Persiapan Pembelajaran
|
|
|
2
|
Pelaksanaan Pembelajaran
|
|
|
a.
Guru
|
|||
b.
Siswa
|
|
|
|
3
|
Lainnya
|
|
|
Kesimpulan:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
.....................,
........................ 20..........
Guru. Pengawas
.....................
................................................. .............................................................
NIP/NIY. NIP.
SUPERVISI ADMINISTRASI PENILAIAN PEMBELAJARAN
(BERDASARKAN STANDAR PROSES)
Nama
Madrasah : …………………………
Nama Guru : …………………………
Pangkat
Golongan : …………………………
Mata Pelajaran :
........................................ Jumlah
Jam Tatap Muka:
sertifikasi :
.......................................
No
|
Komponen Penilaian Pembelajaran
|
Kondisi
|
Skor
|
Keterangan Kesesuaian
|
||||
Ya
|
Tidak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Ada buku Nilai/Daftar Nilai
|
|
|
|
|
|
|
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
|
2
|
Melaksanakan Tes (kognitif): UH, UTS, UAS
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Penugasan Terstruktur (PT)
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Melaksanakan penilaian keterampilan (psikomotor)
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Melaksanakan Penilaian Afektif akhlak Mulia
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Melaksanakan Penilaian Afektif Kepribadian
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Program & Pelaksanakan Remedia
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Analisis Hasil Ulangan
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Bank Soal/Instrumen Tes
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH SKOR
|
|
|
|
|
Jumlah skor : …………… NILAI : ……………
KRITERIA : …………….
Keterangan: Skor 86 – 100% Baik Sekali
71 – 85% Baik
55
– 70% Cukup
> 55% Kurang
Tindak lanjut:
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………………….. ………………………
Pengawas
Pembina Guru
Mata Pelajaran
itu baru 4 standar om ada yang lain nya ga?
BalasHapussip membantu kepala sekolah dalam melakukan
BalasHapussupervisi. terima ksh
Bagus sekali
BalasHapusProgram supervisi anda bagus, dan lengkap.
BalasHapusSangat bermanfaat pisan
BalasHapusBagus program supervisinya cukup lengkap
BalasHapusTERIMAKASIH SANGAT MEMBANTU
BalasHapus